Pintu Henderson

Posted by: Admin | 26/09/2022 | Kategori: Pintu Garasi | 483 kali dibaca | Rating: 456

Rel ternyata tidak hanya digunakan sebagai media kereta api saja untuk melaju. Komponen ini pun penting bagi hunian atau gedung yang memakai pintu model geser atau sliding. Untungnya, di pasaran, sudah tersedia banyak merk yang merilis rel pintu geser, seperti Henderson, Huben, Dekkson, Wina dan lain-lain, dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah, tergantung tipe dan ukurannya.

Baca Juga : Pintu Geser Minimalis

Pintu geser atau sliding door bisa dikatakan sebagai salah satu jenis pintu yang membuka secara horizontal dengan menggeser, biasanya sejajar dengan dinding. Pintu geser dapat dipasang, baik di atas trek di bawah atau ditangguhkan dari trek di atas, sedangkan beberapa jenis ‘menghilang’ di dinding ketika meluncur terbuka. Pintu geser ini biasanya digunakan sebagai pintu shower, pintu kaca, pintu kasa, pintu lemari pakaian, atau di mobil jenis van.

Baca Juga : Pintu Ruko

Salah satu kelebihan pintu geser dibandingkan pintu konvensional, pintu jenis ini dikatakan menghabiskan sedikit ruang ketika dipasang. Karena kemampuannya dalam menghemat tempat inilah, pintu geser menjadi solusi yang tepat untuk membuat ruangan di rumah terlihat lebih luas. Selain membuat rumah tampak lapang, aneka inovasi desain pintu geser yang semakin berkembang saat ini dapat mempercantik tampilan rumah Anda.

Jenis Pintu Geser

  • Pintu geser kayu, terbuat dari material kayu yang solid dan cocok untuk membatasi ruangan yang memerlukan lebih banyak privasi. Salah satu ruangan yang dapat dipasangi pintu geser ini adalah gudang. Selain itu, ruang kecil tempat menyimpan berbagai alat kebersihan rumah tangga juga dapat dipasangi pintu geser jenis ini.
  • Pintu geser kayu dengan panel kaca, paling cocok Anda tempatkan untuk ruangan yang membutuhkan privasi sekaligus konektivitas dengan ruangan lain pada waktu bersamaan, seperti ruang kerja atau ruang membaca di rumah. Ketika beraktivitas di dalam ruangan tersebut, Anda tentu membutuhkan pemisah dengan aktivitas di ruangan lain agar lebih fokus pada pekerjaan Anda, bukan?
  • Pintu geser kaca buram, akan membatasi penglihatan dari ruangan lain ketika dalam kondisi tertutup. Namun, cahaya tetap dapat masuk dan keluar secara samar-samar lewat kaca buramnya. Ketika akan menggunakan jenis pintu geser ini, Anda dapat memilih motif kaca buram tertentu agar semakin sesuai dengan konsep atau karakter ruangan.
  • Pintu geser kaca bening, biasanya dipakai sebagai partisi di dalam rumah. Karena sifat kaca bening yang tembus pandang, pintu geser ini dipasang di perbatasan antara ruang keluarga dengan ruang makan.
  • Pintu geser ala Jepang, terbuat dari kayu dengan panel kotak-kotak simetris pada 2/3 bagian daun pintu. Panel kotak-kotak di pintu geser ini dilengkapi dengan material kertas, agar pintu menjadi lebih ringan dan elastis ketika terkena guncangan. Anda pun bisa memodifikasi dengan mengganti kertas menjadi kaca bening atau buram.
  • Pintu geser lipat, biasanya terdiri dari banyak panel pintu. Pintu geser lipat umum ditempatkan pada bukaan yang sangat lebar, seperti pada garasi. Sebaiknya, Anda tidak menempatkan pintu geser jenis ini pada ruangan yang kecil, karena lipatan panel pintu yang terbuka akan menghabiskan ruang lebih banyak dibandingkan pintu geser jenis lainnya.

Baca Juga : Pintu Besi Garasi

Selain yang terlihat, pintu geser ternyata ada juga yang ‘tersembunyi’ atau invisible. Secara umum, ini dapat dikatakan sebagai pintu geser yang menyatu ke dinding. Sistem eksklusif yang dipatenkan yang menawarkan solusi yang inovatif dan elegan untuk pintu geser klasik. Ada beberapa versi pintu geser tersembunyi, yakni versi motorik dengan tegangan rendah serta versi manual dengan sistem gagang pintu.

Baca Juga : Pintu Besi Sliding Murah

Jenis Rel Pintu Geser
Karena harus digeser saat akan membuka atau menutup, pintu geser tentu membutuhkan rel khusus untuk mempermudah operasinya. Karena itu, saat akan memasang pintu geser di rumah, Anda juga perlu menyiapkan rel. Setidaknya, ada dua jenis rel pintu geser yang banyak dijual di pasaran, yakni rel sistem pelor atau gotri dan rel sistem roda.

Baca Juga : Jual Pintu Garasi di Bandung

Secara mekanisme kerja, keduanya hampir mirip, roda dan pelor menjadi bantalan ‘empuk’ untuk menggeser pintu yang digantungkan pada sistem mekanis rel. Sementara, bila dilihat dari struktur mekanismenya, rel beroda jauh lebih kuat dan awet. Hal ini dikarenakan berat pintu dipikul roda kecil yang kuat. Rel model pelor justru memiliki kelemahan di pelor-nya. Pasalnya, pelor mudah pecah dan jika pecah, pintu yang tergantung akan jatuh.

Baca Juga : Jual Pintu Garasi Murah

Rel pintu dengan sistem mekanik yang menggunakan roda juga masih terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu rel untuk satu pintu dan rel untuk banyak daun pintu. Rel untuk banyak daun pintu umumnya digunakan pada pintu garasi. Ukuran rel ini cenderung besar, mulai dari yang berdimensi 4 cm x 4,5 cm, 5 cm x 5,5 cm, hingga 6 cm x 6 cm.

Rel dan Roda pintu henderson juga bisa di aplikasikan pada pintu garasi, Pintu rumah, pintu gudang, dan banyak jenis pintu lainnya yang membutuhkan bukaan secara digeser.

Baca Juga : Buat Pintu Garasi di Bandung

Nah, jika Anda berniat memakai pintu geser di rumah Anda atau pintu garasi, tidak sulit menemukan rel sebagai alas dan media pintu untuk bergerak. Ada banyak merk yang dapat Anda pilih, salah satunya Henderson. Ada banyak tipe rel Henderson dengan berbagai macam ukuran. Jika anda sedang membutuhkan aksesoris rel atau roda Henderson bisa menghubungi customer service kami dengan cara klik icon Whatsapp dipojok kanan bawah pada layar.

Share: