EMERGENCY EXIT FIRE DOOR

dimana ada tangga darurat pasti ada pintu darurat bukan? bagi sebagian orang mungkin masih ada yang bingung dengan fungsi dari keduanya. sering kali terllihat di gedung-gedung bertingkat seperti rumah sakit, perkantoran dan lain-lain .

nah, ternyata keduanya memiliki fungsi penting sebagai antisipasi dan jalan keluar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. seperti kebakaran atau mungkin gempa bumi. tangga darurat memang di buat untuk mengantisipasi hal yang sudah disebutkan tadi. begitupun untuk pintunya sendiri supaya meminimalisir terjadinya perampokan yang keluar lewat tangga darurat atau mungkin kebakaran yang memang didesain khusus sebagai pintu tahan api.

bicara tentang pintu tahan api atau darurat, berikut penjelasan lengkap mengenai pintu tersebut :

Pintu Kebakaran / Pintu Tahan Api / Fire Door merupakan pintu khusus tahan api yang didesain untuk jalur evakuasi saat terjadi kebakaran di sebuah bangunan. ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk perancangan pada gedung. Pada Bab 3 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Nomor: 26/PRT/M/2008 menjelaskan bahwa pintu kebakaran harus didesain mampu berayun dari posisi manapun hingga mencapai posisi terbuka. Menurut Juwana (2005:136 – Juwana, J. S. 2005. Sistem Bangunan Tinggi, Jakarta: Erlangga.)

EM-DCP1

EM-DCP1

gambar diatas merupakan contoh dari pintu darurat yang ada di emergency exit. pasti sudah pada hafal bukan?

mari kita lihat detail jelasnya,

EM-DCP3

EM-DCP3

Pintu ini memang didesain khusus dan ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh pintu kebakaran, di antaranya adalah:

  1. Pintu Kebakaran harus tahan terhadap api sekurang-kurangnya dua jam
  2. Pintu Kebakaran harus dilengkapi dengan: minimal 3 (tiga) engsel, alat penutup pintu otomatis (door closer), tuas/tungkai pembuka pintu (panic bar), tanda peringatan: “PINTU DARURAT – TUTUP KEMBALI”, dan kaca tahan api (maksimal 1 m2) diletakkan di setengah bagian atas dari daun pintu; dan
  3. Pintu harus dicat dengan warna merah.

bagaimana? sekarang pasti sudah tahu gambaran mengenai pintu tahan api ini kan? semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru ketika terjadi hal yang tidak di inginkan ketika berada disatu ruangan atau gedung besar.

cropped-DCP1.png

JL. CIMINDI NO.200-202 TELP : (022) 6650455

Leave a Reply