Cutting Plasma

MESIN PLASMA CUTTING

Plasma cutting merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk memotong berbagai jenis logam atau plat atau bahan lainnya dengan tingkat akurasi yang baik. Pemotongan plat yang dilakukan dengan plasma cutter menghasilkan hasil potongan yang jauh lebih halus. Mesin plasma cutting bekerja dengan menggunakan panas yang didapat dari sinar plasma berkonsentrasi tinggi dimana tingkat kedalamannya diatur sesuai dengan tebalnya plat yang akan dipotong. Dalam pengoperasian mesin plasma cutting, biasanya menggunakan CNC atau teknologi robot yang bekerja dengan pemrograman komputer secara otomatis.

Plasma Cutter secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang penemu yang mencoba untuk mengembangkan proses pengelasan menjadi lebih baik. Meskipun tehnologi ini masih baru,saat ini Plasma Cutting telah dengan cepat mengubah perbengkelan secara cepat.

Prinsip dasar Plasma Cutting ialah menggunakan listrik untuk memanasi udara dengan sangat tinggi hingga pada titik plasma (panas diatas ribuan derajat celcius) yang kemudian ditiup melalui logam yang akan dipotong. Plasma Cutting sangat sederhana dan hanya memerlukan pasokan udara yang dipadatkan dan stopkontak listrik AC untuk beroperasi.

Plasma Cutting adalah alat terbaru dan alat yang paling ekonomis yang sering digunakan, cara yang mudah dan simple untuk memotong berbagai logam berat dan tebal dengan bentuk lebih akurat. Plasma Cutting dapat memotong lebih halus,lebih cepat dan efisien dari Oxy-Acetylene Torch.

Dikenal disini dengan tehnologi Blender Acetylene atau Blendoer Potong dengan Oxygen dan LPG seperti halnya alat potong yang banyak digunakan di Workshop local. Karena efektifitas dari plasma cutter yang didukung tehnologi CNC PLASMA , diperkirakan alat ini akan mengancam keberadaan sejumlah besar alat Metal Working Konventional.

Prinsip dasar dari Plasma Cutting adalah menggunakan aliran listrik DC untuk memanasi udara hingga suhu yang sangat tinggi sampai pada titik plasma (panas diatas ribuan derajat celcius) yang kemudian didorong melalui logam yang akan dipotonng. Plasma Cutting sangat sederhana dan hanya memerlukan pasukan udara (dari Kompresor) dan Stop kontak listrik untuk beroperasi

Bagian dari Plasma Cutting terdiri dari Power Suply , klem tanah atau Ground Negative dan Hand Torch. Fungsi Utama dari power supply adalah mengubah tegangan AC ke adjustable diatur pengguna (secara continue) menjadi arus DC. Hand Torch berisi pemicu untuk mengendalikan pemotongan dan nozzle melalui hantaman udara dari kompresor. Sebuah elektrida juga terpasang didalam Hand Torch di belakang ujung nozzle.

Dalam proses penggunaan mesin plasma cutting juga terdapat kelebihan-kelebihan diantaranya tingkat kecepatan potong yang cepat, hal ini tentu mempengaruhi ketelitian dalam memotong jika dibandingkan dengan pemotongan metoda lain. Kemudian kelebihan yang lainnya adalah tidak memerlukan cetakan, tidak terjadi kontak antara benda kerja dan mesin, dan dapat memotong plat hingga ketebalan 10mm atau tertentu berdasarkan spesifikasi mesin. Penggunaan mesin plasma cutting juga membuat biaya produksi lebih hemat dan efektif. Dalam pembuatan moulding misalnya, penggunaan lembaran plat akan lebih efektif, karena dipotong rapi dan ukurannya akurat.

MESIN PLASMA CUTTING Dalam proses plasma cutting, suatu gas invert ditiup dengan kecepatan yang tinggi dari nozel, dan pada saat yang sama busur listrik terbentuk melalui gas dari nozel ke permukaan yang hendak dipotong, kemudian sebagian gas itu berubah menjadi plasma panas untuk mencairkan logam dan bergerak sehingga logam terpotong. Nozel merupakan suatu bagian dari torch plasma yang memiliki fungsi untuk memicu arus listrik dan menyemburkan gas. Nozel plasma ini terletak di paling ujung torch plasma. Jika frekuensi penggunaan tinggi, maka nozel pun harus semakin sering diganti. Jika nozel yang sudah seharusnya diganti namun tidak diganti dan dipaksakan untuk digunakan, maka hasil pemotongannya pun tidak sempurna (tingkat keakurasiannya berkurang). Plasma cutting berbeda dengan las tungsten dimana busur nyala listrik muncul di antara ujung elektroda dan gas inti yang mengalir di sekitarnya.

Kami menerima jasa potong plat atau ornamen untuk kebutuhan hunian atau industri. Harga yang kami berikan sangat bervariatif dan sangat terjangkau terutama untuk Bengkel Las yang membuat produk seperti railing tangga/ balkon, pagar, sekat ruangan dll.

#jasacuttingmurah  #jasacuttingmurahbandung #jasacuttingbandung#jasacuttingplasma #jasacuttingmurahplasma #potongplatornamenplatornamen #platornamenbandung #platpagar #patrailing #platornamen#platornamenbandung #jasaplatornamen #jasapotongplat#jasapotongplatbandung #jasaornamen #railingbalkonplat#pagarplatbandung

Leave a Reply