Tentang Cutting Plasma

Cutting Plasma



Cutting plasma adalah proses yang memotong bahan konduktif secara elektrik dengan menggunakan jet plasma panas yang dipercepat. Bahan khas yang dipotong dengan obor plasma termasuk baja, baja tahan karat, aluminium, kuningan dan tembaga, meskipun logam konduktif lainnya dapat dipotong juga. Cutting plasma sering digunakan di toko-toko fabrikasi, perbaikan dan restorasi otomotif, konstruksi industri, dan operasi penyelamatan dan pengikisan. Karena kecepatan tinggi dan pemotongan presisi dikombinasikan dengan biaya rendah, pemotongan plasma melihat penggunaan luas dari aplikasi industri.


Pada dekade terakhir pabrikan obor plasma telah merekayasa model-model baru dengan nosel yang lebih kecil dan busur plasma yang lebih tipis. Beberapa pabrikan telah menggabungkan kontrol presisi dengan cuttiing plasma untuk memungkinkan perakit memproduksi bagian yang membutuhkan sedikit atau tanpa finishing.



Mesin Cutting Plasma dulunya cukup mahal. Untuk alasan ini mereka biasanya hanya ditemukan di toko-toko pengelasan profesional dan garasi dan toko-toko pribadi yang sangat lengkap. Namun, obor plasma modern menjadi lebih murah, dan sekarang berada dalam kisaran harga banyak penggemar. Unit yang lebih lama mungkin sangat berat, tetapi masih portabel, sementara beberapa yang lebih baru dengan teknologi inverter hanya berbobot sedikit, namun sama atau melebihi kapasitas yang lebih lama.

Keunggulan Mesin Plasma Cutting:

  • Pemotongan plasma dapat memotong ketebalan material yang sama dan lebih besar daripada Pemotongan Laser
  • Memberikan akurasi memotong, dan menghasilkan tepi yang lebih bersih daripada pemotongan oxy-fuel.
  • Dapat memiliki kebersihan tepi potong yang sebanding
  • Dapat memiliki zona yang terkena dampak panas yang sebanding
  • Pemotongan plasma dapat memiliki garitan yang lebih rendah (lebar material dihilangkan oleh proses pemotongan)
  • Pemotongan plasma tidak dipengaruhi oleh sifat reflektif suatu material,
  • Pemotongan plasma memiliki tepi potong yang lebih bersih
  • Pemotongan plasma dapat memotong lubang yang lebih kecil karena garitan yang lebih rendah (lebar material dihilangkan oleh proses pemotongan)
  • Tepi miring dan 3 bagian Dimensi dapat diproses oleh kedua proses (dengan sumbu X-Y).
  • Tingkat energi yang digunakan dalam pemotongan plasma secara signifikan lebih rendah daripada pemotongan dengan api.

Untuk Plasma Cutting Plat Besi, kami bisa potong mulai ketebalan 1,8 mm hingga ketebalan 5 mm dengan jaminan hasil potong plasma yang sangat rapi. Jasa cutting plasma plat besi menjadi favorit karena bisa diwarnai dengan berbagai macam warna, sesuai kebutuhan dan selera klien. Pewarnaan yang bisa diaplikasikan pada cutting plasma plat besi adalah dengan cat powder coating / cat oven atau cat duco.

Leave a Reply