APA ITU CUTTING PLASMA?

CUTTING PLASMA

Cutting Plasma adalah proses cepat dan akurat yang digunakan untuk memotong bahan konduktif (logam) dengan memaksa aliran terkonsentrasi plasma terionisasi melalui benda kerja yang diberikan.

Jepang menciptakan sistem presisi tinggi pertama pada 1980-an, dan perusahaan AS mulai mengembangkan sistem pada awal 1990-an, dan sejak itu menjadi bahan pokok industri menggantikan proses bahan bakar oksi yang lebih lambat dan lebih halus.

     Saat ini, cutting plasma tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran; mulai dari mesin industri besar hingga pemotong plasma tingkat hobi yang sama dalam output daya dan ukuran untuk tukang las rumah biasa. Kebanyakan pemotong plasma tingkat hobi dilengkapi dengan torch tangan yang dapat dengan cepat dipindahkan ke permukaan pelat logam untuk menghasilkan potongan yang diinginkan. Biasanya semua yang diperlukan untuk menjalankan salah satu cutting plasma ini adalah sumber udara (kompresor udara) dan input daya PLN (beberapa pemotong plasma bahkan mampu berjalan pada 220V atau 380V).

Dengan banyaknya ketersediaan cutting plasma, proses ini menjadi semakin populer di kalangan fabrikator metal. Keterbatasan terbesar untuk cutting plasma manual adalah bahwa operator harus memiliki tingkat keterampilan yang tinggi untuk membuat pemotongan yang bersih dan akurat pada geometri kompleks. Bahkan operator plasma manual paling berbakat akan berjuang untuk mereplikasi bagian kualitas alat berat dengan pengulangan yang tinggi.

     Dengan munculnya teknologi Computer Numerically Controlled (CNC), mesin diciptakan yang menggunakan torch cutting plasma untuk menghasilkan bagian berkualitas tinggi dengan kecepatan dan akurasi yang luar biasa. Proses cutting plasma CNC melibatkan gerakan yang dikendalikan secara elektromekanis dari torch cutting CNC di sepanjang jalur pahat yang diprogram sebelumnya.

Sistem ini terdiri dari cutting plasma, torch, pengontrol gerak, sistem penggerak elektromekanis, dan permukaan pemotongan. Bagian pertama dirancang dalam perangkat lunak CAD dua dimensi dan kemudian jalur alat dihasilkan dari bagian geometri dalam perangkat lunak CAM.

dicadangkan hanya untuk keperluan industri. Mesin mesin masif berukuran besar dan berbobot beberapa ton seperti foto diatas merupakan mesin mesin industri yang mahal.

     CNC secara otomatis mengatur dan mengontrol parameter untuk “kualitas potong terbaik” atau “pemotongan tercepat” setelah operator memilih jenis material, ketebalan material, dan kombinasi gas cutting. Setelah program pemotongan dimuat (atau bahkan hanya file DXF), CNC memeriksa file tersebut dan menentukan parameter mana yang perlu dioptimalkan. Setelah ini diidentifikasi, pengontrol menghitung ulang parameter optimal dan jalur potong. Teknologi ini mengoptimalkan urutan pemotongan plasma.

 

Kami menerima jasa potong plat atau ornamen untuk kebutuhan hunian atau industri. Harga yang kami berikan sangat bervariatif dan sangat terjangkau terutama untuk Bengkel Las yang membuat produk seperti railing tangga/ balkon, pagar, sekat ruangan dll.

DJAYA CIPTA PRATAMA

JL. RAYA CIMINDI NO.200-202 BANDUNG

TELP : (022) 6650455

 

Leave a Reply