PLASMA CUTTING PILIHANMU

Plasma cutting adalah proses yang digunakan untuk memotong baja atau logam lain dari ketebalan yang berbeda (atau kadang-kadang bahan lain) dengan menggunakan torch plasma. Dalam proses ini, gas inert (di beberapa unit, udara terkompresi) ditiup dengan kecepatan tinggi keluar dari nozel, pada waktu yang sama busur listrik terbentuk melalui gas dari nozel ke permukaan yang dipotong, mengubah sebagian dari gasmenjadi plasma. Plasma cukup panas untuk melelehkan logam yang dipotong dan

bergerak cukup cepat untuk meniup logam cair dari yang dipotong. Plasma juga dapat digunakan untuk pengelasan busur plasma dan aplikasi lainnya.Proses pemotongan logam plasma adalah melalui penggunaan gas (beberapa unit bahkan menggunakan udara terkompresi) yang dipaksa melalui nozzle pada kecepatan tinggi melalui kompresi. Pemotong plasma membentuk busur listrik di dipaksa gas melalui nozzle. Busur listrik ternyata bagian dari gas menjadi plasma. Ini adalah plasma gas ini sebenarnya yang melakukan pemotongan. Gas tidak hanya pemotongan tetapi terpaksa melalui nozzle pada kecepatan seperti logam yang meleleh ditiup menjauh dari dipotong.1.

1Karakteristik Proses

HF Contact Tipe yang biasanya ditemukan di mesin industri menggunakan frekuensitinggi, percikan tegangan tinggi ke ionise udara melalui kepala torch dan membentuk sebuah busur. Hal ini mengakibatkan torch untuk terhubung dengan benda pekerjaanyang dipotong, dan tidak cocok untuk aplikasi jenis pemotongan CNC.Pilot Arc Type menggunakan dua pendekatan siklus untuk memproduksi plasma, karenauntuk menghindari kebutuhan untuk kontak awal. Pertama, tegangan tinggi, rangkaianarus yang rendah digunakan untuk menginisialisasi percikan yang sangat kecil denganintensitas tinggi di dalam torch, sehingga menghasilkan saku kecil plasma gas. Hal inidisebut sebagai pilot busur. Pilot busur memiliki jalur listrik dibangun kembali kekepala obor. Pilot busur akan mempertahankan dirinya sampai dibawa ke kedekatandari benda kerja tempat membakar utama pemotongan busur plasma. Busur plasmasangat panas dan berada dalam kisaran dari 15.000 derajat Celcius.Plasma adalah sarana yang efektif untuk memotong bahan yang tipis dan tebal sama.Obor dipegang tangan biasanya dapat dipotong untuk 2 in (48 mm) tebal pelat baja, danlebih kuat obor yang dikendalikan komputer dapat menusuk dan memotong baja sampai12 inci (300 mm) tebal. Dulu, pemotong plasma hanya bisa bekerja pada bahankonduktif, namun teknologi baru memungkinkan mesin plasma busur dilampiri dalamnozzle, sehingga memungkinkan cutter untuk digunakan untuk keperluan non-konduktif seperti kaca workpieces [rujukan?] Dan plastik. [ rujukan?]Pengelasan plasma sangat mirip dengan las TIG yaitu busur dibentuk antaraelektroda tungsten mengenai benda kerja. Namun, dengan menempatkan elektroda di

dalam torch, busur plasma terlindung dari lapisan gas. Hal ini memaksa plasma keluar melalui tembaga halus nozel yang mengkonstruksi busur. Tiga modus pengoperasiandapat dihasilkan dengan memvariasikan diameter bore dan aliran gas plasma yangdihasilkan.

Plasmaform merupakan suatu gabungan yang istimewa antara plasma cutting dan punching yang menawarkan fleksibilitas, presisi dan kehandalan yang besar, dan di atas semua itu, memberikan kepada pengguna akhir keuntungan besar baik dalam hal uang maupun tempat, karena memiliki dua mesin yang digabungkan menjadi satu.

Fungsi plasma cutting dari mesin Imac, sebuah perusahaan terkemuka dari Italia yang berbasis di Modena,memiliki fleksibilitas besar yang memungkinkan membuat gambar-gambar geometris yang kompleks dan bentuk-bentuk yang tidakberaturan. Menggunakan  plasma cutting berproduktivitas tinggi, bersama dengan  mesin turret punching, memungkinkan user mendapatkan part-part berkualifikasi tinggi dengan banyak variasi.

Fungsi plasma cutting dari mesin ini ditandai oleh sumber plasma high-definition Kjellberg HI FOCUS 130/Hypertherm HTD 130, yang bisa digabungkan dengan jenis-jenis mesin punching yang berbeda sesuai dengan meja kerja (750×1500; 1000×2000; 1250×2500), model multitool (4, 6 atau 10 tool), frekuensi kerja (450 atau 700 stroke/menit), dan fungsi indeks. Stasiun indeks dapat melakukan putaran sekali jalan 360°, dengan kenaikan 0,01°. Hal ini memungkinkan pengurangan material pada waktu produksi, penurunan jumlah tool yang dipakai, peluang membuat berbagai jenis bentuk punching dengan tool-tool standar, dan pergantian tool yang cepat.

Ada juga trapdoor berukuran 410×500 mm di depan torch, yang membuka secara otomatis pada akhir program sehingga memungkinkan penarikan produk jadi dari mesin dan sisa-sisanya ke dalam sebuah penarik khusus. Bagian terbawah dari penarik ini dilengkapi dengan penarik yang lain untuk mengumpulkan kotoran dan debu dengan pipa penghisap.

Plasmaform adalah suatu mesin yang telah direncanakan dan diproyeksikan untuk industri sekarang ini: produktivitas besar, efisiensi tinggi dan kemampuan beraneka ragam, keakurasian maksimum dan harga terjangkau.

 

 

DJAYA CIPTA PRATAMA
JL. RAYA CIMINDI NO.200(022) 6650455Email : Marketing@djayaciptapratama.co.id

 

Leave a Reply