Fire Door Untuk Pintu Area Tangga Darurat Gedung Bertingkat

Fire door merupakan pintu besi yang tahan api sampai jangka waktu tertentu (tergantung fire ratingnya) untuk mencegah penyebaran api dan asap pada koridor darurat suatu gedung. Fire door dirancang dengan bahan insulasi (umumnya menggunakan rockwool) sehingga memenuhi persyaratan proteksi kebakaran. Biasa fire door dipasang pada pintu menuju tangga darurat.

EM-DCP7

EM-DCP7

Untuk kusen biasanya menggunakan baja profil C dengan tebal 2 mm, sedangkan daun pintu tebal 5 cm menggunakan pelat baja tebal 1,6 mm yang di tengahnya diisi oleh insulasi rockwool dengan density tertentu. Tetapi tebal material dan ukuran standar masing-masing produsen fire door (pintu besi tahan api) bisa berbeda-beda karena pada umumnya fire door merupakan pekerjaan custom atau dibuat menyesuaikan dengan gambar dan spesifikasi yang diminta.
EM-DCP12

EM-DCP12

Terdapat paling tidak 5 komponen biaya yang sangat mempengaruhi, antara lain :

  1. Ukuran, semakin besar ukuran pintu tentu harganya akan lebih mahal.
  2. Fire rating, misalnya tahan api selama 2 jam atau yang lain, ditentukan oleh jenis, ketebalan, dan kepadatan insulasi yang digunakan.
  3. Tipe pintu, apakah pintu single door atau double door, apakah menggunakan jendela kaca kecil, jendela kaca sedang, atau malah tidak menggunakan kaca sama sekali.
  4. Hardware, merek dan jenis hardware yang digunakan juga sangat menentukan total harga pintu besi. Apakah menggunakan panic bar atau handle biasa, apakah menggunakan door closer atau tidak, apakah menggunakan merek berkualitas biasa atau berkualitas tinggi.
  5. Finishing, biasanya dari pabrikan fire door belum termasuk finising top coat nya baru finish cat dasar saja. Maka biaya finishing harus diperhitungkan tersendiri tergantung dari ukuran dan jenis finishingnya apakah cat duco atau cat epoxy.
  6. Upah pengiriman dan pasang pintu, upah pengiriman dipengaruhi oleh volume pemesanan dan lokasi proyeknya apakah jauh atau tidak sedangkan upah pasang pintu dipengaruhi oleh jenis dan ukuran pintu besinya apakah single door atau double door serta hardware yang digunakan.
EM-DCP1

EM-DCP1

Yang harus diperhatikan adalah umumnya produsen pintu besi akan melakukan pemasangan dan penyetelan pintu serta hardwarenya, tetapi untuk pekerjaan opening pintu dan perapihan jika mememerlukan bobokan dinding biasanya tidak termasuk lingkup pekerjaan mereka tetapi masuk ke lingkup pekerjaan kontraktor utama.
Demikian ulasan singkat rumahmaterial.com tentang fire door yang biasanya dipasang pada area tangga darurat gedung bertingkat, semoga bermanfaat…!
Facebook Comments

Leave a Reply