CARI FIRE SYSTEM ALARM? INTIP YUK HANYA DI DJAYA !

Ketika menyebut kata alarm maka pada umumnya yang kemudian muncul di benak kita adalah seperangkat alat yang canggih, yang akan memperingatkan tentang kemungkinan adanya sebuah bahaya. Dan yang paling umum pula, alarm lebih sering dikaitkan dengan tindak kejahatan, misal pencurian atau perampokan.

Anggapan seperti itu sebenarnya memang tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Sebab ternyata alarm juga bisa berupa sebuah alat yang amat sangat sederhana, yang bahkan kita sendiri tidak menyangka bahwa benda itu sebuah alarm. Selain itu, alarm juga tidak selalu berkaitan dengan sebuah tindak kejahatan. Alarm ternyata sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari.  Bahkan digunakan setiap hari, namun kita tidak menyadarinya.

 

Kataalarm sendiri secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Sedangkan dalam bidang jaringan, kata “alarm” biasanya didefinisikan sebagai suatu pesan yang berisi pemberitahuan ketika terjadi adanya penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan (penurunan kinerja).

images

 

FIRE SYSTEM

Fire System adalah solusi untuk membantu anda menggabungkan seluruh kebutuhan fire system anda dibawah satu supplier/ satu sumber. Anda akan menghemat banyak waktu dan uang. Dengan menggunakan tenaga ahli, kami memiliki control yang lebih baik dengan kualiatas layanan yang baik.

Pengerjaan fire system meiputi;

PROINERT GAS FIRE SUPPRESSION SYSTEM menawarkan semua manfaat dari system gas inert.

ECARO – 25 Clean Agent Fire Suppression sysem berbasis air banyak digunakan dan dirancang untuk melindungi struktur bangunan.

MICROMIST FIRE SUPPRESSION SYSTEM;  system kebakaran mempergunakan kabut halus untuk memadamkan api dengan cepat dengan sisa air yang sedikit.

HFC227EA/ FM200 FIRE SUPPRESSION SYSTEM; untuk kecepatan dalam memadamkan kebakaran, mengurangi kerusakan, menghemat ruang lantai dan memungkinkan visibilitas.

ARGONITE SYSTEM; menggunakan gas inert yang menawarkan proteksi kebakaran yang efektif dengan dampak lingungan nol.

WATER MISH SYSTEM; Dengan tekanan pompa 80-200 bar dan penggunaan Nozle khusus degan media air yang ramah lingkungan, Sistem Water Mish mampu menghasilkan fog (Uap Air) bertekanan tinggi, media air ramah lingkungan dan mampu memadamkan kebakaran dengan mengurangi resiko kerusakan yang rendah.

FOAM SYSTEM; Pemadam sistem busa ditentukan oleh rasio ekspansinya. Volume dan tinggi ekspansi busa memperluas 200 sampai 2000 kali lebih besar dari volume aslinya.

-CO2 SYSTEM; Carbondioxide system pengendali kebakaran dengan menggunakan media CO2. Sistem ini meliputi detector, unit control, silinder agen penyimpanan, pipa dan Nozel.

index

Fungsi dari fire alarm itu sendiri adalah perangkat yang berguna untuk mendeteksi asap, gas, dan api yang dapat mengakibatkan kebakaran dan juga memperingatkan orang-orang akan terjadinya kebakaran melalui indikator visual dan audio.

  1. Heat Detector Horing Heat Detector

    Heat Detector adalah alarm kebakaran yang bekerja apabila perangkat mendeteksi adanya kenaikan panas ruangan.
    Fire alarm dengan jenis heat detector ini banyak digunakan karena detector ini bekerja berdasarkan kenaikan temperatur ruangan yang berubah cepat.
    Heat detector jenis ini juga ideal untuk di pasang pada ruangan yang dimana ruangan itu masih menimbulkan asap seperti rungan khusus merokok, ruang kantor, kamar hotel, kithen dan lainnya. Pada umumnya alarm bell jenis heat detector ini akan berbunyi apabila sensor mendeteksi adanya kenaikan temperatur ruangan sekitar 55° – 63°.

    2. Fix Temperature

    index

    Alarm kebakaran jenis ini bekerja hampir sama dengan heat detector,perbedaanya adalah indikator fix temperature baru akan aktif apabila sensor mendeteksi temperatur yang tidak langsung tinggi.
    Maka dari itu fire alarm jenis fix temperatur ideal untuk di pasang pada tempat yang lingkungannya memang sudah agak-agak panas seperti ruang genset, basement, bengkel las dan sejenisnya.

    3. Smoke Detektor

    index NFG

    Fire alarm smoke detector alarmnya akan bekerja apabila sensor mendeteksi asap. Apabila smoke detector mendeteksi asap pada ruangan yang telah terpasang smoke detektor, dan jika kepadatan asap (smoke density) sudah melewati ambang batas toleransi maka smoke detector akan mengaktifkan alarm yang di perintahkan oleh master controlnya.

    Smoke detector juga memiliki kelebihan dari smoke detector jenis lain karena smoke detector dapat bekerja lebih cepat, ini disebabkan karena terjadi kebakaran akan menimbulkan asap terlebih dahulu sebelum perubahan temperatur ruangan yang naik dengan cepat.
    Maka dari itu fire alarm smoke detector ideal untuk di pasang pada ruangan yang terdapat banyak kertas seperti gudang kertas, gudang makanan, dan sejenisnya.

    4. Flame Detector

    index HJK

    Flame detector adalah fire alarm yang sensitif terhadap radiasi sinar ultraviolet yang ditimbulkan oleh nyala api.
    Flame detector tidak bereaksi pada lampu ruangan ataupun sumber cahaya lain yang tidak berhubungan dengan nyala api.
    Biasanya flame detector dapat merespon lebih cepat dan lebih akurat ketimbang smoke detector dan heat detector karena flame detector dirancang khusus untuk mendeteksi api. Untuk penempatanya, flame detector ideal untuk tempat yang mudah terbakar seperti pabrik, pompa bensin dan lain-lain.

    Namun penempatan flame detector ini harus bebas dari objek yang menghalangi kinerja dari flame detector, seperti tidak dekat dengan lampu mercury, lampu halogen dan lampu untuk sterilisasi.

    Hindari juga pemasangan pada tempat yang sering terjadi percikan api seperti bengkel las atau bengkel kerja yang menggunakan gerinda.
    Ini disebabkan karena flame detector lebih sensitif terhadap api.

    5. Gas Detektor

    58c6ba45-a662-4a30-b897-2fad28ffc7ddw
    Gas Detector adalah salah satu jenis fire alarm atau alat keamanan yang berfungsi sebagai peringatan apabila terjadinya kebocoran gas yang berpotensi sebagai penyebab terjadinya kebakaran.
    Pada umumnya alat ini dapat mendeteksi gas seperti LPG dan LNG, dan ada juga yang dapat mendeteksi gas kimia beracun yang dapat membahayakan.
    Gas detector ideal digunakan pada tempat-tempat yang menggunakan gas seperti dapur, dan di tempat yang rawan terjadinya kebocoran gas seperti pabrik, lokasi pertambangan dan lain-lain.

 

DCP1

DJAYA CIPTA PRATAMA

Jl. Raya Cimindi No. 200-202 Bandung

Telp (022) 6650455

 

Leave a Reply